Wednesday, December 25, 2013

ICE BREAKING




Bahasa Inggrisnya Pintu

Apa bahasa inggrisnya PINTU , Doni ?” Tanya BU Guru
pada Doni .
”Door ,BU…..!!!!!!’ ‘ jawab Doni sambiL ngemut pensil .
IBU; kalau buka PINTU, apa ?”.
Doni ; Open the door, BU…!!!!!!
”Pinter sekalih kamu!! Terus kalau PINTUNYA NGGAK DIBUKAIN, apa coba bahasa inggrisnya, Don ?”
Don :”Gedoor-Gedoor, BU ?????????

Teka-Teki Harus Cepat Jawab

1. Jawab spontan , jangan kelamaan mikir
2. baca satu demi satu.
3. Konsentrasi ..
Permainan Konsentrasi Warna:
1. Kertas HVS warnanya apa ?
2. Awan warnanya apa ?
3. Tissu warnanya apa ?
4. Sapi minum apa ?
Yang ngejawab susu konsentrasi anda terganggu, karena sapi minum air :D:D
Konsentrasi Warna Hitam:
1.  Rambut anda warna apa?
2.  Alis warnanya apa ??
3.  Aspal warnanya apa ???
4.  Kelelawar tidurnya kapan?
Yang menjawab malam, artinya konsentrasinya tergganggu. karena kelelawar tidur siang hari :P:P
Konsentrasi Warna Hijau:
1.  Warna dari cendol apa?
2. Daun kelapa warnanya apa?
3. Warna umum rumput?
4. Macan makan apa?
Yang jawab rumput , itu salah, karena macan makan daging :D:P

Ada 3 Pertanyaan Dengan Jawaban 1

1. Dihutan ada apa?
2. Dikamar mandi lagi ngapain?
3. Kakinya kenapa?
Jawaban hanya satu..
Jawab: keramas (kera mas, keramas, keram mas)

Teka-Teki Sherlock Holmes: Siapa Pelakunya?

Asah otak: Di sebuah sekolah daerah pinggiran kota terjadi kasus pembunuhan. Andy, seorang mahasiswa pendiam namun sangat pintar bahasa inggris dan anggota team sepak bola. Detektif sherlock Holmes diminta utk menyelidiki 6 org tersangka yg merupakan orang2 disekitar korban…
Nama ke 6 tersangka :
1.Ruth, teman sebangku Andy yang suka sekali dengan sepak bola.
2. Tony, seorang guru bahasa inggris yang paling disegani di seluruh sekolahan.
3. Tery, teman sekelasnya, sekaligus musuh besar Andy.
4. Dian,mantan pacar Andy yang diputus sepihak.
5. Bams, sahabat dekat Andy yg juga playboy kelas teri.
6. Jeny, cewek manis sekelas dengan Andy, dan juga naksir Andy.
Detektif Holmes hanya melihat sebentar pada pesan kematian yg ditulis korban di BlackBerrynya yaitu
12358, 12369874, 7415963, 1538
Hanya perlu 15 detik, detektif Holmes sudah meminta polisi menahan si pelaku
Siapakah pelakunya?
.
Jawaban: TONY

 

Jumlah Tanah Yang Di Gali

Pertanyaan:
Jumlah tanah yang digali permeter kubik ada 90 kg, berapakah jumlah tanah pada sebuah lubang dengan panjang 10 meter lebar 12 meter dan dalam 9 meter?

Jawaban:
.
.
.
.
.
.
.
.
Kosong! karena yang digali adalah sebuah lubang :D

 

Kumpulan Teka-Teki

kenapa di komputer ada tulisan ENTER?
karena kalo tulisannya ENTAR, programnya ‘ngga jalan-jalan, dong…..
binatang apa yang paling panjang?
ular ngantri beras
kenapa gorila lubang hidungnya besar?
karena jari-jarinya juga besar, biar pas buat ngupil
ikan apa yang lahir langsung disiksa ibunya?
ikan lohan (liat aja kepalanya benjol)
kenapa batman pake topeng?
karena malu celana dalamnya keliatan
siapa nama orang Bali yang hobi travelling?
Made (Made in Japan , Made in China , Made in Thailand )
apa beda onta dan kangkung?
kalo onta di arab, kalo kangkung di urap
apa persamaan KTP dan telor asin?
sama-sama di cap stempel
kenapa dokter kalo ‘mo operasi mulutnya ditutup?
karena kalo matanya yang ditutup ‘ngga keliatan dong….
apa bukti wortel baik untuk kesehatan mata?
pernah liat kelinci pake kacamata?
apa bahasa Indianya bumbu dapur?
tumbar miri jahe
binatang apa yang warnanya hitam-putih-merah?
zebra masuk angin abis dikerokin
nenek siapa yang jalannya loncat-loncat?
neneknya kodok, neneknya kangguru, neneknya kelinci…..
kenapa air laut asin?
karena ikannya pada keringetan
mangga apa yang mengerikan?
MANGGAruk-garuk pantat singa
profesi apa yang ‘ngga perlu sekolah?
wasit tinju, cuman ngitung dari 1 sampe 10 doang

 

Teka-Teki Sherlock Holmes: I am a 7 letter word

Sherlock Holmes diminta bantuannya oleh pihak kepolisian. Kasus kali ini adalah pembunuhan seorang mahasiswa kaya jurusan bahasa inggris. Ada 4 orang tersangka;
1. Sisca seorang guru berumur 50thn. Beliau sudah bekerja selama 10thn. Beliau sangat meyukai korban atas bakat yang dimilikinya.
2. Michele umur 21 th mahasiswi jurusan seni, seorang pianist yang sangat berbakat, dikatakan dia memiliki hubungan dengan korban
3. Tony 25 th temen sang korban yang memiliki hutang akibat berjudi.
4. Rudolf 40 th satpam universitas. dia pernah melihat sang korban melakukan pelecahan terhadap bbrp mahasiswi di universitas tersebut.
Ada sebuah surat kematian yang ditemukan & bisa menujukan identitas pelaku ;
I am a 7 letter word
123 is a liquid
3456 is a pain
567 is a girl
67 is a section in hospital
Setelah membaca surat tersebut Holmes langsung menangkap sang pelaku. Siapa org tersebut ?
.
.
.
.
.
Jawaban: 1234567: SISCA (TEACHER)
123 is a liquid = TEA
3456 is a pain = ACHE
567 is a girl = HER
67 is a section in hospital = ER (Emergency Room)
7
Dec

Membawa Suami Untuk Membeli Sosis

Seorang wanita Asia menikah dengan pria Inggris dan kemudian pindah ke London. Wanita itu kurang pandai berbahasa Inggris, tetapi dia mampu juga berkomunikasi dengan suaminya.
Masalah baru muncul ketika dia harus berbelanja.
Suatu hari, dia pergi ke tukang daging dan ingin membeli kaki sapi. Ia tidak mengerti cara menjelaskannya, maka ia mengangkat roknya dan memperlihatkan pahanya. Si tukang daging rupanya mengerti dan ia pulang dengan kaki sapi.
Besoknya, ia ingin dada ayam. Maka sekali lagi, karena ia tidak tahu dada ayam dalam bahasa Inggris, ia membuka bajunya dan mempertontonkan dadanya ke tukang daging. Dan wanita
itu mendapat dada ayam.
Hari ketiga, wanita itu butuh beli sosis. Dan ia membawa suaminya ke toko.
Pertanyaan : Apa yang Anda pikir akan terjadi?






Yaaa enggak laaa…. suaminya kan bisa bahasa Inggris…
:P:D:P

Siapa Pemetik Pisang Tercepat?

Ada sebuah pohon kelapa yg sangat tinggi sekali, dan ada 4 binatang yaitu singa, simpanse, jerapah, dan tupai yg lewat pohon itu. mereka memutuskan untuk berlomba menjadi yg tercepat dlm memetik pisang yg ada di pohon itu. Menurut anda binatang mana yg akan menang? jawaban anda akan menggambarkan kepribadian anda. coba jawab dlm 30 detik, apa jawaban anda?
.
.
.
.
.
.
.
Jawaban:
kalau jawaban anda:
singa: otak anda tumpul
simpanse: anda bodoh
jerapah: anda benar2 idiot
tupai: anda hanya orang bodoh yg sudah tidak ada harapan sembuh lagi
SEBUAH POHON KELAPA TIDAK BERBUAH PISANG
mungkin sekali anda tertekan dan bekerja terlalu berat. anda harus ambil waktu cuti dan beristirahat. coba lagi tahun depan ya tesnya..

 

Pertanyaan Untuk Pasien RSJ

Beberapa hari yang lalu, Siti berkunjung untuk menjenguk kerabat di RSJ. Seorang dokter menghampiri Siti untuk mengajak Siti ngobrol-ngobrol tentang segala hal, mulai dari bagaimana penanganan pasien sampai ke masalah-masalah umum dalam hidup Siti.
Sampai tiba saatnya ketika Siti bertanya kepada dokter itu,
“Dok, gimana sih caranya dokter ngetest pasien-pasien dokter itu masih gila atau sudah waras ?”
“Oh mudah saja, kami mengisi bathtub sampai penuh, lalu kami memberikan ke orang itu :
- Sendok Teh
- Gelas
- Gayung
Lalu kita minta dia untuk mengosongkan Bathtub”, jawab si Dokter.
“Ooooh… kalo gitu saya pasti milih gayung, soalnya itu paling gede” kata Siti
Terjadi keheningan sejenak



Lalu sang Dokter berkata, “Tidak, kalo orang itu sudah normal, dia akan cabut aja penyumbat Bathtub nya… Ngomong-ngomong, kamu mau kasur di dekat jendela atau tidak?”
Sejak itulah Siti dirawat, bagaimana dg Anda…(JUJUR YAH…KAMU BARUSAN PILIH GAYUNG JG KAN???)
:P:P:P

Game untuk konseling Kelompok

Permainan 1

KISAH ANGKA-ANGKA
Tujuan                         : 1. Agar peserta mengenal satu sama lain
              2. Menghilangkan kekakuan dalam kelompok
Jumlah pemain            : 8-10 orang
Sasaran                        : Remaja
1.         Mintalah seluruh peserta berhitung dari nomor 1 dan seterusnya sampai selesai (habis)
2.       Minta setiap peserta mengingat nomor urutnya masing-masing dengan baik, jika perlu lakukan pengujian dengan menyebut secara acak beberapa angka dan minta peserta yang disebut nomornya untuk menyahut ‘ya’!, atau tunjuk beberapa orang peserta secara acak dan tanyakan ia nomor urut berapa.
3.       Tegaskan sekali lagi apakah mereka benar – benar mengingat nomor urutnya masing –  masing.
4.       Setelah yakin, jelaskan bahwa Anda akan menyampaikan suatu berita atau suatu cerita tertentu di mana dalam sepanjang cerita itu akan disebut sejumlah angka – angka. Peserta yang disebut angka atau nomor urutnya diminta segera berdiri dan langsung meneriakkan namanya keras – keras kepada seluruh peserta lain. Jika terlambat 3 detik, peserta dikenakan hukuman ramai – ramai oleh peserta lain.
5.       Tanyakan kepada peserta apakah mereka paham peraturan tersebut?, jika perlu ulangi sekali lagi dan berikan contoh.
6.       Mulai bercerita, misalnya : saudara – saudara, latihan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lima bulan yang lalu, tapi karena beberapa hal, barulah tiga bulan yang lalu ada kejelasan dan kemudian dipersiapkan oleh delapan orang panitia ……….. dst. Atau cerita lain yang Anda karang sendiri pada saat itu ( yang penting, dalam cerita itu ada disebutkan angka – angka nomor urut peserta setiap satu kalimat atau setiap selang satu menit ).
7.       Lakukan sampai separuh peserta tersebut nomornya atau seluruhnya (bergantung kepada kecepatan Anda dan peserta dan sesuai dengan waktu yang tersedia)



Permainan 2
AMIR NANA SAYA INI SPIDOL
Tujuan             : menghafal nma masing masing peserta
Durasi              : 10-20 menit
Materi              : sebuah spidol.
Prosedur          :
1.      Semua peserta duduk dikursi tanpa meja dalam bentuk lingkaran.
Instruktur memperkenalkan nama dirinya kemudian instruktur memberikan sebuah spidol pada slah satu peserta.
2.      Peserta yang menerima spidol lalu menerima spidol ini lalu memberikan spidol dpa orang disebelahnya sambil berkata “ nama saya ..... ,spidol ini saya terima dari ...
( nama Instruktur ).
3.      Peserta berikutnya meneruskan spidol pada disebelahnya dengan berkata “ spidol ini saya berikan kepadamu, spidol ini saya terima dari Amir, dan Amir menerimanya dari ( nama Instruktur)
4.      Demikian bergiliran sehingga tiap peserta harus selalu mengingat nama2 peserta sebelumnya.
5.      Apabila kelompok terdiri lebih dari 10 orang sebaiknya permainan ini diulang lagi sampai setiap orang hafal nama smua peserta dalam kelompok. Ada baiknya tempat duduk atau posisinya ditukar dahulu sebelum permainan diulang.

Permainan 3
KONSENTRASI KESEIMBANGAN OTAK KANAN DAN KIRI
Permainan ini untuk mencairkan suasana dalam pemberian layanan,pertama siswa disuruh konsentrasi dan memperhatikan guru pembimbing dan melakukan apa yang dilakukan guru pembimbing contoh: ketika guru pembimbing mengatakan sentuh kepala tapi guru pembimbing mengecoh dengan menyentuh bagian lain, siswa harus menyentuh bagian yang benar yang dikatakan oleh guru pembimbing bukan yang disentuh guru pembimbing,hal ini ditujukan untuk melatih konsentrasi siswa.



Permainan 4
BERHITUNG KELIPATAN UNTUK MENGENAL
Tujuan             :Mengenal lebih jauh anggota kelompok (konsentrasi)
Tempat            :Di dalam ruang kelas, peserta duduk melingkar membentuk kelompok 10 orang
Waktu                         :15 menit
Prosedur :
  1. Pendahuluan
    Fasilitator memberikan penjelasan lisan kepada peserta tentang tujuan, prosedur dan contoh. Apabila ada yang kurang jelas, peserta dapat mengajukan pertanyaan.
  2. Pelaksanaan
    1. Peserta masuk kedalam kelompok 10 orang.
    2. Kemudian duduk melingkar sesuai kelompok masing masing
    3. Setiap anggota kelompok di suruh berhitung kemudian setiap ada kelipatan angka tertentu peserta di suruh menyebutkan namanya
    4. Tergantung dari fasilitator mau mulai dari barisan yang di inginkan
    5. Angka kelipatan sebisa mungkin di acak agar setiap peserta bisa konsentrasi dan mendapat giliran menyebutkan nama
    6. Bagi yang tidak konsentrasi dan lupa boleh di beri hukuman sesuai kesepakatan kelompok.
Permainan 5
GAJAH SEMUT
Permainan ini digunakan untuk melatih keseimbangan otak kanan dan kiri serta melatih konsentrasi.
Prosedur :
  1. Fasilitator menjelaskan prosedurn kepada anggota.
  2. Apabila Fasilitator menyebutkan “Gajah” maka anggota harus menjawab besar namun tangannya membentuk lingkaran kecil.
  3. Apabila fasilitator menyebutkan kata”Semut” maka anggota harus menjawab kecil namun tangannya membentuk lingkaran besar.
  4. Fasilitator akan menunjuk salah satu anggota untuk menjawab kata fasilitator tersebut.
Permaian 6
ACAK – ACAK KOSENTRASI

·         Tujuan
1.      Mencairkan / menghidupkan suasana
2.      Melatih konsentrasi
·         Durasi                         : 5 – 10 Menit
·         Prosedur
1.      Peserta / anggota kelompok diminta untuk berdiri
2.      Ketua kelompok menjelaskan aturan main dari acak – acak konsentrasi yaitu:
a.       Ketika ketua kelompok menepuk tangan satu kali itu bararti ayam
b.      Ketika ketua kelompok menepuk tangan dua kali itu berarti itik
c.       Ketika ketua kelompok diam tidak menepuk tangan itu berarti bebek
3.      Ketua kelompok mengulangi instruksi /  mencoba permainan  sampai peserta mengerti, ketika sudah mengerti permainan dapat dimulai.
4.      Setelah peserta mengerti, ketua kelompok juga memberitahukan kepada peserta bahwa bagi peserta yang salah dalam permainan tersebut akan diberikan sanksi.  

Permainan 7
CERMIN DEWA
Latihan yang menyenangkan ini digunakan untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam menuntun dan mengikuti orang lain. Acara sore yang baik.



Prosedur :
1.      Setiap peserta memilih pasangannya dan berdiri berhadapan dengan tangan ke atas dalam jarak kira-kira sejengkal. Mereka menirukan gerak pasangannya, layaknya sebuah cermin, demikian bergantian sesuai dengan keinginan mereka.
2.      Untuk putaran kedua, pasangan meneruskan bercermin, tapi kali ini kedua tangannya bersentuhan dengan lembut.
3.      Pada putaran ketiga, mintalah mereka merapatkan tangan dengan kuat, dan melanjutkan menuntun mengikuti bergantian.
Permainan 8

MUTIARA DALAM KERANG
Games ini termasuk dalam kategori fun games. Sangat cocok sebagai ice breaking (game untuk memecah kebekuan peserta outbound). Fun dan penuh dengan keceriaan.
Cara permainan :
  1. Pertama-tama peserta outbound dibuat dalam suatu lingkaran besar.
  2. Instruktur outbound memberikan aturan permainan dalam keadaan peserta posisi lingkaran besar.
  3. Bila instruktur berkata “2” dan “5’, artinya seluruh peserta membentuk kelompok, 2 orang berada di dalam lingkaran, sedangkan 5 orang berada di luar lingkaran
  4. Bila instruktur berkata “5” dan “3” artinya seluruh peserta membentuk kelompok dengan 5 orang berada di dalam lingkaran, sedangkan 3 orang berada di luar lingkaran.
  5. Peserta yang tidak mendapatkan kelompok harus keluar dari permainan untuk mendapatkan hukuman ala outbound.
  6. Games ini dapat digunakan untuk mencari kelompok secara acak
Tujuan permainan :
  1. Melatih peserta outbound training untuk cepat dalam bertindak
  2. Melatih peserta outbound training untuk memiliki komunikasi yang efektif


Permaianan 9
LANJUTKAN CERITAKU
Tujuan                         : Melatih kemampuan bercerita dan berimajenasi
Bidang Bimbingan      : Pribadi, Sosial
Waktu                         : 30 menit
Alat/ bahan                  : -
Langkah permainan     :
1.      Duduk yang rapat dan berderet-deret panjang atau dalam bentuk lingkaran.
2.      Fasilitator memulai cerita dengan tema bebas.
3.      Ditengah-tengah cerita, fasilitator menghentikan ceritanya, dan menunjuka salah satu dari peserta secara acak untuk melanjutkan ceritanya.
4.      Kemudian peserta secara acak melanjutkan cerita dari peserta yang lain.
5.      Permainan terus berlanjut sampai semua peserta mendapatkan giliran bercerita.
6.      Peserta diminta berekpresi dan berintonasi dalam cerita.

Permainan 10
DONGENG GERAKAN

Tujuan             : Menghidupkan suasana
Waktu             : 5 – 10 menit
Langkah permainan     :
1.      Fasilitator akan menceritakan sebuah dongeng kepada para anggota.
2.      Disetiap dongeng yang diceritakan fasilitator apabila ada kata “Ayam” maka semua anggota harus mengepak – ngepakan sayapnya seperti ayam. Apabila ada kata “Itik” maka seluruh anggota harus bergoyang itik. Dan apabila ada kata “monyet” maka seluruh anggota harus menggaruk – garuk rambutnya.
3.      Fasilitator mendongeng dengan imajinasinya sendiri dan terdapat kata – kata tersebut.
4.      Peserta berhenti memperagakan apabila fasilitator sudah berlanjut ke kata – kata lain.

No comments:

Post a Comment